Sabtu, 17 Januari 2015

Mengarang, Kerja Kreatif yang Menantang




"Sekali Duduk, Hasilkan Rupiah"

Mengarang, adalah kerja kreatif yang sekali duduk bisa menghasilkan uang. Putu Wijaya hanya sekali duduk di depan komputer, ratusan karyanya berupa cerpen banyak dilahirkan dari proses hanya sekali duduk.

Yang dimaksud di sini, adalah ketika kita makin hobi mengarang, tidak ada salahnya mencoba tips dan trik seperti Putu Wijaya. Banyak pengarang lainnya yang dengan sekali duduk atau kurang dari 1 jam bekerja, maka dengan mudah uang didapat. 

Aku sudah mencobanya, saat mengarang cerpen. Setelah fokus mengarang dalam sekali duduk bisa menghasilkan cerpen yang siap tayang atau dimuat. Sebagai wartawan, tentu sudah biasa, dengan sekali duduk dapat menghasilkan berita. Kini, dengan adanya media online, kegemaran menulis bisa disampaikan melalui media sosial.

Bila kita gemar dan akrab dengan tulisan, sarana pengungkapan ide bisa diwujudkan ke dalam berbagai karya sastra, seperti menulis puisi, cerpen, esai, opini, novel, buku. Apa yang akan Anda pilih?
  1. Menulis Puisi atau Cerpen
  2. Menulis Opini atau Esai
  3. Menulis Novel
  4. Membuat Buku Tips
  5. Menulis Buku Biografi
  6. Membuat Buku Wisata, dst

Keaktifan yang terus-menerus dalam mengasah baca-tulis, kelak akan memudahkan menentukan pilihan hidup. Untuk menjadi apakah hidup ini? Rutinitas dunia membaca-menulis, akan terus memotivasi seseorang untuk tangguh memilih jalan hidup. 

Kemungkinan yang terjadi bila hobi tersebut dikembangkan Anda bisa menjadi penyair, penulis cerpen, penulis novel, koresponden, penulis lepas, wartawan, ataukah penulis buku dan editor?

Bagaimana menciptakan pipa abadi atau saluran “kran” yang tidak pernah habis. (catatan garib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar