Minggu, 18 Januari 2015

Manfaat Mengarang Tak Hanya Sarana Pengungkapan Diri

(       "Merenungkan Gagasan untuk Berkarya"

Banyak orang terpanggil dan tertantang untuk menjadi pengarang. Namun, sangat sedikit yang mengerti apa sessunguhnya manfaat mengarang dan bagaimana kepengarangan dapat mengubah hidup. Mengapa Seno Gumira Ajidarma terus mengarang? Mengapa Arswendo Atmowiloto menyebutkan mengarang itu gampang. Mengapa pula, Gol A Gong, Andrea Hirata, Eka Kurniawan, mantap memilih hidup dari mengarang dan menghayati arti kepengarangan?

Menurut  Bernad (dalam Gie 2002), ada enam manfaat kegiatan karang-mengarang, yaitu:
  1. Suatu sarana untuk pengungkapan diri (a tool for self-expression), yaitu suatu sarana untuk mengungkapkan perasaan seseorang.
  2. Suatu sarana untuk pemahaman (a tool for understanding), yaitu sewaktu mengarang seseorang merenungkan gagasannya dan menyempurnakan penangkapannya terhadap sesuatu hal sehingga akhirnya ia dapat memperoleh pemahaman yang baru atau yang lebih mendalam tentang hal yang ditulisnya itu.
  3. Suatu sarana untuk membantu mengembangkan kepuasan pribadi, kebanggaan, dan suatu perasaan harga diri (a tool to help developing personal satisfaction, pride, and feeling of self-worth), artinya rasa bangga, puas, dan harga diri dapat membangkitkan kepercayaan terhadap kemampuan sendiri untuk menciptakan karya-karya tulis lainnya.
  4. Suatu sarana untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan terhadap lingkungan sekeliling seseorang (a tool for increasing awareness and  perception of one’s environment), maksudnya dengan sering mengarang seseorang meninggikan kesiagaan inderawinya dan mengembangkan daya serapnya pada tingkat kejasmaniahan, tingkat perasaan maupun tingkat kerohaniahan.
  5. Suatu sarana untuk keterlibatan secara bersemangat dan bukannya penerimaan yang pasrah (a tool for active involvement, not passive acceptance), artinya dengan mengarang, seseorang dapat mengemukakan gagasan, menciptakan suatu, dan secara aktif melibatkan diri dengan ciptaannya.
  6. Suatu sarana untuk mengembangkan suatu pemahaman tentang dan kemampuan menggunakan bahasa (a tool for developing an understanding of and ability to use the language), artinya kegiatan mengarang bermanfat membantu tercapainya kemampuan membaca dan mengerti apa yang ditulis. Singkatnya, manfaat mengarang tak bisa dijelaskan secara rinci, namun, bagi pengarang yang sudah memilih jalan hidupnya dari kepengarangan bisa mengekspolarisi seluruh perasaan batiniahnya untuk dituangkan ke dalam karya kreatif. Karya yang adiluhung dan menembus zaman. Karya monumental yang mampu menstimulus banyak orang untuk mengarifi kehidupan ini. (catatan garib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar